Kampus Melayu (humas) Bengkalis – Pembukaan kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis telah resmi dibuka oleh Ketua STAIN Bengkalis, Prof. Dr. H. Samsul Nizar, M.Ag di halaman utama kampus, Jum’at (02/08/2019).

Dihadiri oleh segenap civitas akademika STAIN Bengkalis, peserta PBAK diikuti sebanyak 812 mahasiswa baru. Turut hadir dalam acara tersebut Ketua MUI Kab. Bengkalis, H. Amrizal, M.Ag, dan Dosen IAIN Purwokerto, DR. Suprianto, Lc, M.Si.

PBAK merupakan program wajib bagi mahasiswa baru, yang mana program ini bertujuan untuk mengenalkan budaya akademik yang ada di lingkungan kampus serta memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang didalamnya diisi dengan berbagai kegiatan terkait dengan kegiatan akademik, kegiatan mahasiswa, serta kebijakan kampus sehingga dapat menjadi bekal untuk mendukung keberhasilan studi di STAIN Bengkalis.

Mengangkat tema “Moderasi Beragama dan Budaya Melayu”, PBAK STAIN Bengkalis tampil dengan distinsi kemelayuan yang membedakannya dengan kampus-kampus lain. Hal tersebut sesuai dengan yang dipaparkan Ketua STAIN Bengkalis dalam sambutannya membuka secara resmi PBAK 2019.

“Sesuai dengan amanat menteri Agama RI, hendaknya setiap Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri memiliki distinsi tersendiri yang membedakannya dengan 58 PTKIN lain se-Indonesia. STAIN Bengkalis hadir dengan konsep kemelayuan yang tidak hanya sekedar tema, namun STAIN Bengkalis telah memasukkan kurikulum budaya melayu dalam proses pembelajaran.” Ungkap Prof. Samsul.

Lebih lanjut, Ketua STAIN Bengkalis ucapkan selamat kepada seluruh mahasiswa baru yang telah resmi bergabung bersama STAIN Bengkalis.

“Selamat bergabung untuk 812 mahasiswa baru STAIN Bengkalis. Selamat karena telah terpilih menjadi bagian kampus Melayu STAIN Bengkalis dari ribuan orang yang mendaftar.” Ungkapnya.

Kegiatan PBAK STAIN Bengkalis tahun 2019 akan berlangsung selama 3 hari kedepan (02-04 Agustus 2019). Pembukaan PBAK ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Ketua STAIN Bengkalis kepada perwakilan mahasiswa baru.